Resep Kue Bolu Tekstur Lembut

Bahan-bahan:



- 200 gram tepung terigu protein rendah


- 150 gram gula pasir


- 6 butir telur ukuran besar


- 1 sdt emulsifier


- 1 sdt SP


- 1 sdt baking powder


- 100 ml margarin, dilelehkan


- 50 ml air matang



Cara Membuat:



1. Kocok telur, gula pasir, emulsifier, dan SP dengan kecepatan tinggi selama 15 menit sampai mengembang dan putih.


2. Campurkan tepung terigu dan baking powder, ayak dan masukkan perlahan ke dalam adonan telur sambil diaduk rata.


3. Masukkan margarin leleh dan air matang ke dalam adonan, aduk rata.


4. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin dan dialas kertas roti. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 170 derajat Celsius selama 35-40 menit atau hingga matang.


5. Keluarkan kue bolu dari oven, biarkan dingin dan siap dihidangkan.



Informasi Nutrisi:



Satu porsi kue bolu (50 gram) mengandung 120 kalori, 2 gram protein, 18 gram karbohidrat, 4 gram lemak, dan 0,2 gram serat.


Kue bolu adalah salah satu kue yang paling populer dan mudah dibuat di Indonesia. Kue bolu terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis. Namun, untuk mendapatkan kue bolu yang lembut, dibutuhkan teknik yang tepat dan bahan-bahan yang baik.


Resep kue bolu tekstur lembut ini menggunakan tepung terigu protein rendah dan emulsifier untuk membuat kue bolu yang lembut dan tidak mudah kempes. Emulsifier juga membantu adonan kue bolu menjadi lebih stabil dan menghindari terjadinya pengendapan pada adonan kue bolu.


SP atau Sriwijaya Powder adalah bahan pengembang yang terbuat dari natrium bikarbonat dan asam tartarat. SP membantu kue bolu menjadi lebih mengembang dan tidak mudah kempes saat dipanggang. Baking powder juga ditambahkan untuk membantu kue bolu mengembang dan menjadi lebih ringan.


Untuk membuat kue bolu yang lembut, penting untuk mengocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi selama 15 menit agar adonan mengembang dan putih. Adonan kue bolu juga harus diaduk perlahan saat menambahkan tepung terigu agar tidak menghasilkan adonan yang keras dan pengembangan kue bolu juga tetap maksimal.


Setelah adonan kue bolu siap, tuangkan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin dan dialas kertas roti. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 170 derajat Celsius selama 35-40 menit atau hingga matang. Jangan membuka oven saat kue sedang dipanggang agar kue bolu tidak kempes dan terlihat cantik.


Sekarang, kue bolu tekstur lembut siap dihidangkan. Kue bolu bisa dihidangkan dengan taburan gula halus atau topping sesuai selera. Selamat mencoba!


close